Kamis, 02 Agustus 2012

Komersialisasi Berita

Strategi bisnis semakin hari semakin kaya akan strategi. demi mendapatkan keuntungan yang banyak, strategi-strategi baru di luncurkan unruk menguji keampuhannya. Bahkan dengan menambahkan sedikit improvisasi dalam bidang bisnis tersebut merupakan salah satu bentuk strategi. Begitu lah juga yang terjadi di dunia bisnis Berita elektronik maupun cetak.

Postingan kali ini merupakan kegelian tersendiri bagi saya setelah menyimak beberapa Perusahaan penyedia berita elektronik maupun cetak. Jika anda pernah memberikan perhatian khusus terhadap berita yang disajikan, kadang bahkan acap kali berita yang di bahas terkesan di improvisasi. apalagi tujuannya kalau bukan mendapatkan rating penonton atau pembaca yang tinggi.

Sebagai contoh, media elekronik. Kadang saya resah dengan beberapa berita yang dimuat. Pada headlinenya dibuat sedramatis mungkin agar pemirsa tertarik. seperti saah satu headline berita pada salah satu tv swasta menuliskan "Mabes Polri di grebek KPK". Padahal KPK hanya memeriksa Mabes Polri untuk menemukan bukti dugaan korupsi. menggrebek pastinya memiliki makna konotasi dibandingkan dengan memeriksa. Mabes seakan-akan disamakan dengan tempat pelacuran atau gembong teroris.

Selain Improvisasi pada headlinenya, kadang kita juga tidak dapat membedakan antara berita dengan gosip. Acara Berita lebih smirip dengan infotaiment. Selalu menyajikan isu-isu yang belum jelas dan menimbulkan pertanyaan kepada pemirsanya.

dan hasil dari itu semua adalah rating yang semakin menjulang sehingga pemasang iklan juga membludak. Sungguh strategi Pasar yang mutakhir. tidak heran stasiun Tv dan Koran-koran dipenuhi dengan iklan-iklan. Namun tidak semua yang media yang memanfaatkan atau mengkomesialisasikan berita dengan diberikan make-up yang mencolok. masih ada juga media yang menyajikan berita yang faktual. Semoga dunia pemberitaan kita tidak mengkiblatkan pada keuntungan semata. Tapi juga menyajikan kualiatas berita yang tidak "ecek-ecek".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No: SPAM, SARA, dan sejenisnya
Yes: Kritik, Saran, Pendapat, Komentar, Balasan, dan semua yang bersifat baik